top of page
Search
  • Writer's pictureReza Fiolentina

How To Be Fotogenic



Dunia ini memanglah tak adil. Kamu yang di cermin tampak cantik dan tampan, eeh di foto malah kelihatan bermuka lebar, ingin gaya bak model tapi jatuhnya malah alay:(, bahkan senyum yang biasanya terlihat sangat indah di cermin, di foto malah jadi awkward gituu:(. Karena menjadi fotogenik hari ini adalah kebutuhan segala bangsa, saya akan mengupas kiat-kiat mudah agar jadi lebih fotogenik khusus buatmu.

langsung saja kita simak beberapa tips dibawah ini :


1. Setiap berfoto pilihlah sisi kiri wajahmu untuk ditampilkan. Konon sisi kiri wajahmu akan terlihat lebih menarik bagi orang lain


Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Experimental Brain REserach menunjukkan bahwa sisi kiri wajah adalah sisi yang paling banyak membuat orang yang melihat fotomu merasa tertarik. Dalam penelitian tersebut diamati besarnya pupil 10 orang yang melihat foto dengan 2 jenis berbeda: foto yang menampilkan sisi kanan wajah dan foto yang menampilkan sisi kiri wajah.

Hasilnya kebanyakan orang yang memandang foto yang memperlihatkan sisi kiri wajah memperlihatkan gejala membesarnya pupil (tanda ketertarikan terhadap sesuatu.) Mereka pun mengatakan bahwa foto yang memperlihatkan sisi kiri wajah terlihat jauh lebih menarik dibanding foto yang memperlihatkan sisi kanan wajah.



2. Demi badan yang terlihat lebih tinggi-langsing-proporsional ambil foto seluruh badan dari angle yang rendah. Plus terapkan 4 strategi sampingannya.


Mengambil foto seluruh badan berarti tidak punya ruang untuk menyembunyikan kekurangan. This is why models make good money — karena mereka harus terlihat sempurna setiap waktu. Nah, bagaimana dengan kita yang muka dan badannya jauh di bawah kecantikan alami ala Dian Sastro ini?

Menurut Chriselle Lim ada 5 cara untuk membuatmu terlihat lebih tinggi-langsing-dan proporsional tanpa harus pakai Photoshop:

Ambil foto dari angle yang rendahPastikan seluruh badanmu masuk dalam frame fotoDemi kaki yang terlihat lebih jenjang, letakkan satu kaki di depan kaki lain saat difotoPilih celana dengan potongan pinggang yang tinggi (high waisted bottom) Ambil langkah panjang saat mengambil foto dengan pose berjalan. Cara ini akan membuat kakimu terlihat jauh lebih panjang daripada aslinya.



3. Empat langkah mudah demi menciptakan senyum yang rileks dan gak maksa


* Tutup mata

* Ambil nafas panjang

* Buka mata sebelum shutter kamera berbunyi, atau tepat sebelum jarimu memencet tombol “capture”

* Tersenyumlah!



4. Ubahlah kata-kata “Cheese” ke “Money”  demi menciptakan senyum yang lebih tulus dan gak maksa


Kalau selama ini kamu terbiasa menciptakan senyum dengan berteriak, “Cheese” sekarang kebiasaan ini harus dipensiunkan. Stop menggunakan kata “Cheese”, karena “Money” has come to the rescue. 

Huruf “E” yang tegas pada kata “Money” membawa sisi kanan-kiri bibirmu ke atas sembari membuat matamu sedikit menyipit secara kasual. Dua cara ini bisa memberimu ilusi senyum yang natural. Jauh lebih baik dari ucapan “Cheese” yang memberimu ilusi senyum nan datar.



See? Gak susah ‘kan demi menciptakan foto yang lebih cantik? Mau dari sananya fotogenik atau tidak, trik-trik mudah ini bisa membantumu.

9 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page